Kitafood Online

Food + Culinary Activation

Bakso Ikan Kakap

pada Maret 23, 2011

Oleh : admin. Revisi ke- 0

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Bakso merupakan produk olahan dari daging yang cukup digemari masyarakat. Pada umumnya bakso dibuat dari daging sapi, tetapi akhir-akhir ini banyak dijumpai di pasaran bakso dibuat dari daging ikan. Jenis ikan yang sering dipergunakan untuk bahan pembuatan bakso adalah ikan tengiri. Pada dasarnya, hampir semua jenis ikan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan bakso. Ikan hiu dan ikan pari yang berbau tidak sedap, juga dapat digunakan untuk membuat bakso, dengan cara menghilangkan bau tidak sedap melalui proses pencucian yang ada pada daging ikan tersebut.

Bakso ikan kakap yang dihasilkan : berwarna cokelat keabuan-abuan bulat, kenyal, rasa asin/gurih, rasa khas ikan dan beraroma ikan. Bakso yang dihasilkan seberat 550 gram.

Komposisi bahan yang digunakan sebagai berikut :

No Bahan Jumlah
1 Ikan 440 gram
2 Tapioka 66 gram
3 Bumbu 8,8 gram
4 STTP 2,2 gram
5 Garam 8,8 gram
6 Air secukupnya

Hasil organoleptik beberapa jenis bakso yang dihasilkan :

No Jenis Bakso Hasil Organoleptik
1 Ikan kakap Kenyal, asin, aroma khas ikan, warna coklat keabu-abuan, tekstur kenyal
2 Ikan mujaer Aroma khas ikan, kenyal, warna putih, rasa asin, gurih
3 Ikan tongkol Warna abu-abu muda, rasa gurih, aroma khas ikan, rasa khas ikan, tekstur kenyal
4 Ikan sebelah Putih, rasa gurih, aroma sedikit khas ikan, kenyal
5 Ikan lele Putih, gurih, rasa kurang gurih

 

Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai wilayah pengembangan hasil komoditi perikanan salah satunya adalah bakso ikan. Sebagaimana telah diketahui bahwasannya Indonesia adalah negara yang banyak menghasilkan komoditi perikanan karena luas lautan dan tambak ikan. Sehingga dapat menghasilkan ikan yang baik dan dalam jumlah yang besar.

Dengan adanya upaya untuk memanfaatkan hasil perikanan yang melimpah, dibuatlah alternative pengolahanya yaitu pembuatan bakso dengan menggunakan bahan baku hasil perikanan, dengan pertimbangan bahwa daging sapi yang selama ini digunakan sebagai bahan utama terus meningkat harganya, sehingga diperlukan alternative diversifikasi pangan. Selain itu dilihat dari kandungan protein ikan yang sangat besar sekitar 14-20%. Hal ini sangat baik digunakan untuk perbaikan gizi masyarakat. Bakso ikan yang dihasilkan mempunyai kualitas yang cukup baik dan digemari masyarakat.

Dari hasil praktikum pembuatan bakso ikan didapat hasil yang cukup baik berwarna cokelat keabu-abuan, bulat, kenyal, rasa asin/gurih, rasa khas ikan dan beraroma ikan. Bakso yang dihasilkan seberat 550 gram. Warna cokelat keabu-abuan berasal dari warna ikan kakap yang sedikit gelap, bentuk bulat didapat dari pencetakan menggunakan tangan dan sendok, tektur kenyal disebabkan karena penambahan STTP, rasa asin dan gurih karena adanya penambahan bumbu dan garam juga MSG. Kesegaran ikan dapat diketahui dengan cara mengamati penampilan fisik, mata, insang, tekstur dan baunya. Ikan segar tampak mengkilap sesuai jenis ikan. Lendir di permukaan tubuh tidak ada, kalau ada hanya tipis dan bening. Sisik menempel kuat dan tidak mudah lepas, perut utuh dan lubang annus tertutup. Mata cembung cerah, putih jernih, pupil hitam dan tidak berdarah.

Sebelum digunakan sebagai bahan baku bakso, ikan kakap diberikan perrlakuan pendahuluan yaitu pembuatan fillet ikan yang bertujuan untuk menghilangkan kulit dan tulang supaya daging ikan akan lumat ketika proses pelumatan menggunakan chopper. Tulang ikan dan kulit akan mengganggu tekstur bakso yang dihasilkan. Pelumatan awal antara ikan, bumbu dan MSG dengan menggunakan chooper dengan putaran yang sempurna supaya daging sedikit lumat dan tercampur sempurna, ditambah air dingin (es) supaya pelumatan sempurna, namun penambahan air dingin merupakan tahapan optional atau dapat tidak dilakukan. Setelah itu ditambah bahan pengisi yaitu tapioka atau aci dari singkong supaya adonan dapat merekat, kandungan amilosa dan amilopektin pada tapioka mampu merekatkan adonan sehingga membentuk emulsi yang baik, selain itu penambahan STTP juga mempengaruhi kualitas kekenyalan bakso.

Pada tahap pencetakan menggunakan tangan untuk melumatkan adonan kemudian diambil menggunakan sendok sehingga terbentuk bentuk bakso yang bulat, setelah proses pencetakan, bakso langsung dimasukan kedalam air panas supaya bakso yang sudah dicetak tidak buyar (rusak). Kemudian dilakukan perebusan sampai matang dan dilakukan organoleptik.

Pada pembuatan bakso ikan ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu bahan baku ikan harus mempuyai protein yang tinggi dan tidak banyak mengandung lemak, jenis ikan ini banyak ditemui dilaut dengan daging warna putih. Daging jenis ini mempunyai sifat pengemulsi yang sangat baik.

(artikel ini adalah hasil praktikum mata kuliah dan bisa menjadi referensi jika dianggap relevan, masih dimungkinkan untuk diperbaiki oleh KitaFoodia lainya).

 

About these ads

2 responses to “Bakso Ikan Kakap

  1. yudha mengatakan:

    Salam perkenalan,

    PT. Niaga Harmoni indonesia sedang mencari mitra / Agen untuk memasarkan produk dengan merk CiBi berupa Otak – Otak, Bakso dan Burger yang terbuat dari ikan kakap merah,

    Per kemasan 500G isi 32 pcs,
    Kami berikan harga Khusus per bungkus hanya Rp. 8.250,- dengan minimum order hanya 50 kg / 5 dus, per dus isi 20 bungkus.

    Pembayaran COD, barang di kirim langung ke tempat tanpa Ongkos kirim,

    Regards,
    Yudha
    Area Coordinator JABODETABEK
    081510429529 / 021-94990198

  2. squaresoc mengatakan:

    iya terimakasih atas partisipasi di kitafood, selamat datang bapak yudha. semoga kerjasama adv ini sukses.memang ikan kakap sangat baik dalam hal kualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: